Hewan Ovipar

Hewan Ovipar Hari Ini :

-Burung Merpati-

genAnimatedDove

BURUNG ini memang hewan yang tergolong luar biasa, malah dapat dikategorikan “mencengangkan”. Banyak sekali fakta yang dapat ditemukan terkait kehidupan burung merpati ini, yang dapat dikatakan unik. Fakta ini berhubungan dengan kemampuan dan karakter merpati sebagai suatu species burung, dan juga dalam interaksinya dengan manusia.  Beberapa fakta dan keunikan tersebut, antara lain:

  • Nama, secara umum dikenal dengan sebutan Merpati, Burung Dara, Jangang-jangang – Rock Pigeon, Rock Dove – dan secara ilmiah diberi nama jenis Columba livia (Famili Columbidae – yang beranggotakan lebih dari 300 jenis).
  • Jumlah ragam atau varietas, saat ini dipekrirakan antara 400-600 varietas (baik yang telah memenuhi standar maupun yang sifatnya lokal) yang berada dalam pemeliharaan/ditangkar – sedangkan khusus untuk merpati karang, selain dipelihara, juga mereka hidup sebagai burung liar, atau setengah-liar (feral).
  • Asal burung merpati adalah Eropa, Afrika (Utara) dan Asia.
  • Habitat merpati umumnya pada daerah pesisir, tetapi sekarang hampir dapat ditemukan di semua ruang habitat, terutama yang berhubungan dengan tempat tinggal manusia.
  • Penyebaran merpati secara global, saat ini ditemukan di hampir semua belahan bumi, kecuali di Gurun Sahara, Antartika dan Dataran Tinggi Arktik. Ada informasi bahwa populasi merpati di Eropa saat ini mencapai 20-30 juta individu.
  • Ukuran fisik  merpati umumnya dengan panjang badan 32-38 cm, bentang sayap 60-70 cm, berat sekitar 0,37 kg, dengan warna bulu yang bervariasi  – yang asli berwarna gelap keabu-abuan dan kebiru-biruan, iris mata coklat, paruh abu-abu gelap dengan cere keputihan, sedang kaki dan betis kemerahan, memiliki dua garis-warna pada sayap (bar), dengan bulu punggung (bagian bawah) berwarna putih. Pada merpati hias, ada laporan yang menyebutkan bahwa sekarang ditemukan 28 ragam warna (sebenarnya morphs) merpati, tetapi menurut Pigeon Watch Projects, hanya terdapat tujuh morphs.
  • Reproduksi merpati, mulai berkembang biak pada usia enam bulan, tercatat berkembang biak sepanjang tahun, dan diketahui bersifat monogami, sarang dibuat dengan material ranting-ranting yang disusun kasar dan agak datar (ditempatkan di ceruk-ceruk tebing atau lubang-lubang ventilasi gedung), dengan 1-2 butir telur berwarna putih, dan dierami oleh kedua induk selama 17-19 hari, dengan masa asuh piyik sekitar 30 hari.
  • Makanan terutama berupa biji-bijian, tetapi akan sangat bervariasi sesuai dengan kondisi habitat yang ditempati – ada informasi  bahwa beberapa kelompok merpati juga memakan serangga.
  • Usia burung merpati antara 3-6 tahun, dan dapat mencapai 15 tahun – bergantung pada banyak faktor dan campur-tangan manusia.
  • Predasi, di alam tidak terlalu banyak, tapi ancaman pemangsa terutama dari beberapa jenis burung elang dan kucing.
  • Kemampuan terbang, tercatat pada ketinggian 6.000 kaki atau lebih, dengan kecepatan terbang rata-rata 77,6 km/jam (ada yang mencapai 92,5 km/jam).

  • Jarak tempuh dalam penerbangan rata-rata 600-700 mil/hari, dengan penerbangan terjauh tercatat selama 55 hari, antara Afrika-Inggris yang berjarak sekitar 7.000 km.
  • Merpati menentukan arah dengan mendeteksi dan merasakan medan magnet bumi atau menggunakan matahari sebagai panduan arah – dari hasil penelitian diketahui bahwa merpati juga menggunakan gelombang frekuensi rendah dan bahkan seismik untuk menemukan ‘jalan pulang’.

Sumber : http://harepigeonnotes.wordpress.com dengan perubahan

  1. banyakin lagi ya info sains nya. aku suka! :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: